Jaringan Jalan Jawa Barat

Jaringan Jalan Jawa Barat
Jaringan Jalan Jawa Barat

Senin, 25 Maret 2013

Penyebab Permasalahan Transportasi

Oleh : Pada Lumba

Penyebab permasalahan transportasi di daerah perkotaan :

1. Tingginya urbanisasi
Ada gula ada semut. Itu kata yang sering kita dengar dari zaman baheula. Memang benar daerah   perkotaan menjanjikan segalanya sehingga orang berlomba-lomba datang ke perkotaan untuk meraih impian yang didamba-dambakan selama ini. Tetapi bagaimanapun bahwa sebuah kota mempunyai batas kapasitas, apabila kapasitas dari kota ini telah terlampaui maka timbullah berbagai permasalahan yang salah satunya permasalahan transportasi.

2. Terpusatnya tempat public centre (pusat keramaian) pada daerah perkotaan mengakibatkan orang melakukan perjalanan tertuju pada satu titik tujuan. Sehingga pada waktu yang sama dan tujuan yang sama orang2 melakukan perjalan, otomatis hal ini akan mengakibatkan terjadinya kemacetan.

3. Karena mahalnya harga tanah dan rumah didaerah perkotaan mengakibatkan orang cenderung untuk tinggal di pinggiran kota, sementara mereka sendiri bekerja di pusat perkotaan. Artinya perjalanan mereka semakin jauh setiap harinya. Semakin jauh perjalan yang dilalui semakin besar pula kontribusinya terhadap terjadinya kemacetan.

4. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi turut memperarah permasalahan transportasi khususnya pada daerah perkotaan.

5. Pertumbuhan kendaraan lebih tinggi dari pertumbuhan panjang jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar