Jaringan Jalan Jawa Barat

Jaringan Jalan Jawa Barat
Jaringan Jalan Jawa Barat

Senin, 25 Maret 2013

Biaya Kemacetan (Congestion Charging)


Oleh : Pada Lumba

Macet biasanya terjadi pada saat jam sibuk, seperti misalnya di pagi, siang dan sore hari. Biaya
kemacetan merupakan biaya tambahan perjalanan yang dikeluarkan pengguna jalan  akibat adanya tundaan karena volume lalulintas yang telah melebihi kapasitas ruas jalan. Komponen yang mempengaruhi biaya kemacetan ini diantaranya : nilai waktu, biaya operasi kendaraan, volume kendaraan, waktu tundaan dan waktu antrian.

Akibat terjadinya kemacetan para pengguna jalan akan kehilangan waktu yakni dengan meningkatnya waktu perjalanan. Nilai waktu merupakan sejumlah uang yang disediakan seseorang untuk dikeluarkan (atau dihemat) untuk menghemat satu unit waktu perjalanan (Tamin, 2000). Sebagai contoh, seorang sopir oplet (angkutan umum) biasanya dalam sehari mampu menarik 10 rit dalam sehari tetapi  pada kondisi macet hanya mampu menarik 5 rit dalam satu hari. Kondisi ini tentu akan menyebabkan menurunnya pendapatan sang sopir. Begitu juga dengan pegawai kantoran yang terjebak pada kondisi macet, tentu banyak pekerjaan yang idak terselesaikan akibat hilangnya waktu dijalan.

Disamping itu akibat terjadinya kemacetan juga mengakibatkan bertambahnya biaya operasi kendaraan (BOK) pengguna jalan. Komponen biaya BOK, seperti : biaya bahan bakar, konsumsi minyak pelumas, pemakaian ban, pemeliharaan, biaya penyusutan, bunga modal, dan biaya asuransi. Adanya penambahan nilai waktu dan BOK akibat terjadinya kemacetan tentu sangat merugikan bagi pengguna jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar